Grow Up.. !!!

You Must Be Grow Up Girls !!!”, kalimat ini acap kali terucap. Sebenarnya apa yang disebut seseorang yang dewasa ?

Menurutku manusia zaman kini tidak memanusiakan manusia. Mereka hanya memanusiakan ‘apa penampilan luar manusia?’. Selama ini mereka hanya menganggap, seseorang dengan fisik yang tinggi, besar. Sebagai seseorang yang telah dewasa, orang-orang yang memiliki kekurangan walaupun telah berusaha semaksimal mungkin akan selalu dianggap tidak dewasa.

Hanya sedikit sekarang orang dewasa yang berani bersikap dewasa. Mereka telah tertempa dalam pengalaman hidupnya yang pahit. Sebenarnya apakah yang dinamakan orang dewasa ?

1. orang yang berumur 89 tahun ???

Ada pasangan kakek dan nenek yang berusia lanjut yang sedari masa mudanya tidak pernah bersikap dewasa. Mereka telah menikah selama 50 tahun tetapi selalu diam, jarang berkomunikasi. Sekali berkomunikasi mereka bertengkar di hadapan anak-anaknya, tidak memilih situasi dan kondisi yang tepat. Sang istri selalu menjelek-jelekan suaminya dan anak-anaknya pada setiap orang. Seakan-akan memang hanya dialah wanita yang paling dewasa. Dia selalu meminjam uang ke lintah darat seakan-akan tidak pernah dinafkahi oleh suaminya, dia selalu memegang kendali mengalahkan sang suami. Ia tidak pernah membelai dengan penuh kasih pada setiap anak dan suaminya. Dan suaminya hanya bersikap diam, sekali-kali marah hingga pecah seluruh barang-barang di rumah. Ia hanya duduk diam tidak pernah menanyakan apa saja yang dihadapi oleh anak-anaknya. Hingga mereka lanjut usia. Ketiga anak-anaknya akan terus melanjutkan apa yang telah diajarkan orang tua mereka sewaktu mereka kecil. Sayangnya siklus ini terus berlanjut pada anak-anaknya …

Apakah contoh ini yang dinamakan dewasa ? Seseorang yang dari muda hingga lanjut usia selalu menggunakan emosi dan ego nya? Orang yang melakukan segala sesuatu menurut perasaan hatinya tanpa melihat orang-orang dan tempat yang ada di sekitarnya ???

2. Orang yang memiliki tinggi badan 189 cm dengan wajah yang dewasa.???

Gue pernah ketemu orang dengan kesempurnaan fisik. Beberapa diantaranya cenderung menganggap remeh orang yang kurang dari dirinya. Tak jarang mereka memperlakukan mereka tidak manusiawi. Ada salah satu contoh wanita muda yang berusia 23 tahun yang berbadan tinggi. Jika kita lihat pasti ia merupakan orang dewasa yang sempurna. Tetepi ketika suatu masalah datang menimpanya dia akan langsung merengek-rengek, entah dipinggir jalan atau dimanapun yang ia inginkan. Semua permintaannya selalu harus dilaksanakan. Padahal, beberapa yang kita inginkan tidak selalu kita dapatklan itulah namanya Realita Hidup.

Satu lagi seorang pria berusia 20 tahun yang berbadan atletis. Di luar ia selalu dianggap seperti telah dewasa namun ketika ia dirumah, ia selalu tidak memiliki sikap toleransi terhadap seluruh keluarganya, cenderung cuek. Ketika ada acara pernikahan kakaknya, ia hanya duduk bak seorang pangeran yang selalu ingin dilayani. Padahal disekelilingnya semua orang sibuk hingga tidak sempat duduk barang 1 menit.

Apakah orang yang tidak dapat mengendalikan emosinya , dan tidak memiliki batas toleransi terhadap orang lain dianggap orang yang telah dewasa ?

3. seorang yang berusia matang 44 tahun ???

 Sejak muda ia selalu dimanja oleh kedua orang tuanya, hingga ia dewasa, tiba-tiba kedua orang tuanya bangkrut dan meninggal sehingga tinggal ia hidup sebatang kara. Setiap rumah saudaranya yang ditinggalinya selalu tidak tahan terhadapnya karena sifatnya yang pemalas dan tidak dapat melakukan sesuatu apapun. Sampai akhirnya ia menikah dan memiliki anak namun seluruh pekerjaan dilakukan oleh suaminya.

Apakah seseorang yang tidak memiliki kemampuan dan tidak dapat melakukan apa yang bermanfaat disebut sebagai orang yang telah dewasa ?

4. seseorang yang memiliki kekurangan fisik???

 Ia selalu diejek oleh lingkungannya, dengan sekuat tenaga ia selalu berusaha agar orang lain dapat melihat sisi lain dirinya yang jauh lebih berguna. Namun, sangat sedikit orang yang dpat menghargainya. Sekuat tenaga apapun yang ia lakukan ia akan selalu dicap sebagai oaring yang tidak dewasa. Saya pernah bertemu dengan seseorang yang memiliki sikap yang agak childiest sedikit. Tetapi ia bersikap seperti itu karena ia ingin dapat diperhatikan oleh lingkungannya. Karena pada dasarnya manusia hidup ingin sebuah pengakuan. Ia hanya tinggal dengan ibunya. Ibunya sangat sibuk bekerja membiayai dirinya, sehingga sejak berusia 7 tahun ia telah terbiasa berada dirumah sendirian dan melakukan segalanya sendiri. Setiap orang yang mengejek dirinya karena kekurangannya ia tidak pernah marah. Karena ia yakin segala sesuatu diciptakan oleh tuhannya memiliki maksud tersendiri dan tujuan yang baik. Termasuk dirinya. Ia dapat melakukan segala pekerjaan sendiri tanpa merepotkan orang lain. Walaupun ibunya sibuk bekerja, dan ayahnya sangat jarang ingat padanya. Namun ia tidak pernah berniat berlari ke obat-obatan untuk mengobati rasa kesepiannya, seperti teman-temannya . Ia selalu terpacu untuk membalas semua orang yang telah berjasa bagi hidupnya. Ia selalu tidak ingin bergantung pada orang lain. Ia selalu berusaha agar orang-orang baik yang menyayanginya dan membencinya dapat merasa bahagia dan bangga terhadap dirinya. Ia tidak pernah mendendam pada orang-orang yang berbuat jahat padanya. Tetapi sekuat apapun yang ia lakukan untuk mengubah image orang terhadap pendangan pertama yang melihatnya sangatlah susah.

Apakah orang yang memiliki kekurangan fisik selalu dianggap tidak dewasa dan mandiri?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s